2 Cara Eksfoliasi Bibir Cegah Bibir Kering dan Pecah-pecah

Ketika Anda memikirkan pengelupasan, Anda mungkin pertama kali berpikir untuk menggosok kulit di wajah Anda — bukan mulut Anda. Tapi bibir kering, pecah-pecah, dan mengelupas sebenarnya mendapat manfaat dari pengelupasan kulit. Faktanya, bibir umumnya lebih rentan terhadap kekeringan daripada bagian lain dari kulit Anda, dan pengelupasan kulit dapat meningkatkan kemampuannya untuk mempertahankan hidrasi dalam jangka panjang.

“Tidak seperti bagian wajah lainnya, bibir tidak mengandung kelenjar sebaceous — atau penghasil minyak —, [yang] membuatnya sangat rentan terhadap kekeringan,” kata Courtney Rubin, dokter kulit bersertifikat, seperti dilansir dari laman Bustle.

Kulit di bibir Anda lebih sensitif daripada bagian wajah lainnya, yang mungkin alasan terbaik untuk tidak melakukan eksfoliasi — tetapi bukan itu masalahnya. “Kulit bibir lebih tipis dan lebih halus, sehingga lebih mungkin dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti udara kering, angin, dan matahari,” ujar dokter kulit Azadeh Shirazi, menambahkan bahwa pengelupasan kulit secara lembut dapat membantu menyingkirkan penumpukan kulit kering dan tambalan kasar yang halus.

Plus, bibir menanggung beban lebih banyak gerakan daripada yang mungkin Anda sadari. “Bibir berada di bawah banyak tekanan mekanis dari mengunyah dan berbicara, dan juga terkena enzim dalam air liur dan asam dalam makanan yang kita makan,” jelas dokter kulit Brendan Camp. “Paparan ini dapat mengiritasi dan mengeringkan bibir, membuatnya menjadi pecah-pecah dan kasar.” Dengan pengelupasan kulit, yang menghilangkan kulit mati dan memungkinkan balm yang menghidrasi menembus dan melembabkan bagian yang kering atau pecah-pecah.

Cara mengeksfoliasi bibir

Anda punya dua pilihan, eksfoliasi dengan scrub bibir yang sudah jadi, atau Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di dapur Anda, meskipun Rubin dan Shirazi menyarankan yang pertama. “Saya lebih suka membeli scrub yang dibuat khusus untuk penggunaan kosmetik pada bibir karena ini biasanya telah diformulasikan dengan rasio yang tepat dari partikel pengelupasan, minyak, dan lilin untuk mendapatkan pengelupasan yang lembut,” jelas Rubin.

Jika Anda memilih opsi DIY, Shirazi menyarankan untuk mencampur satu sendok teh bahan abrasif alami (pikirkan gula atau garam) dengan satu sendok teh bahan bergizi, seperti minyak alpukat, petroleum jelly murni, minyak almond, atau shea butter, dan gunakan campurkan sebagai scrub Anda.

Apa pun jenis scrub yang Anda pilih, satu aturan penting saat eksfoliasi bibir adalah lakukan selembut mungkin. “Jangan melakukan eksfoliasi kulit terlalu agresif,” kata Camp, menambahkan bahwa eksfoliasi berlebihan dapat menyebabkan robekan pada kulit yang meningkatkan risiko infeksi, menyebabkan peradangan, dan/atau menyebabkan ruam yang dapat menyebabkan penggelapan kulit atau hiperpigmentasi. Pengelupasan berlebihan dapat terjadi jika Anda melakukannya terlalu sering — Shirazi menyarankan untuk tidak melakukan pengelupasan kulit lebih dari sekali seminggu — atau dari menggosok kulit secara manual dengan kekuatan yang berlebihan.

Selama sesi eksfoliasi mingguan Anda, Shirazi merekomendasikan rutinitas berikut. Pertama, mulai dengan membersihkan wajah dan bibir, oleskan sedikit scrub pengelupasan ke jari Anda. Selanjutnya, oleskan scrub dengan lembut ke bibir Anda dengan gerakan melingkar, dengan fokus sebagian besar pada area kering. Lakukan ini selama 10 hingga 15 detik, lalu biarkan campuran selama paling lama 30 detik. Setelah 30 detik, bilas bibir Anda dengan air hangat dan keringkan. Akhiri dengan mengoleskan balsem pelindung untuk mengunci kelembapan dan memungkinkan perbaikan sendiri.

Meskipun Anda hanya ingin mengeksfoliasi bibir seminggu sekali, Rubin mengatakan cara terbaik untuk menjaga kelembapan bibir adalah dengan sering mengoleskan lip balm. “Hindari menarik kulit yang terkelupas, dan cobalah untuk menghindari keinginan untuk menjilat bibir yang kering, yang dapat membuatnya semakin kering ketika air liur menguap,” jelasnya. Camp menggemakan hal ini, menjelaskan bahwa meskipun dia merekomendasikan untuk mengoleskan lip balm dua kali sehari, Anda mungkin mendapat manfaat dari menggunakannya sesuai kebutuhan jika Anda menderita bibir yang sangat kasar atau kering. Selain itu, jangan lupa bahwa bibir juga membutuhkan perlindungan UV. Jika Anda berencana untuk pergi ke luar, oleskan lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.