Batal Berangkat, Begini Cara Reschedule Tiket Kereta Api

Adanya larangan bepergian membuat banyak orang terpaksa membatalkan perjalanan darat, termasuk moda transportasi kereta api. Untungnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan dua cara alternatif yang dapat dilakukan oleh mereka yang terlanjur memesan tiket, yaitu pengembalian uang (refund) dan pengubahan jadwal perjalanan (reschedule).

Jika Anda tak ingin membatalkan keberagkatan, Anda dapat melakukan alternatif pengubahan jadwal keberangkatan. Dilansir dari laman resmi PT KAI, pengubahan jadwal dapat dilakukan maksimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta yang tercantum pada tiket.

Sementara itu, penumpang akan dikenakan biaya pembatalan sebesar 25 persen dari tarif kereta api di luar biaya pemesanan. Dan apabila jadwal baru kereta api tarifnya lebih tinggi, penumpang harus membayar selisih harga tarif. Namun, sayangnya apabila tarif baru lebih rendah, tidak ada pengembalian uang atas selisih tarif.

Untuk pengubahan jadwal dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, secara langsung di stasiun dan melalui aplikasi KAI Access. Sementara proses reschedule di stasiun akan dilayani oleh petugas loket langsung. Sementara untuk reschedule menggunakan aplikasi KAI Access, penumpang harus melakukan langkah-langkah petunjuk pada aplikasi.

Mulai dari membuka aplikasi KAI Access, kemudian pilih menu “My Trip” dan pilih kode booking untuk tiket yang akan dibatalkan Pada menu E-Ticket, lalu klik “Ubah Jadwal”. Untuk diketahui, tombol ini hanya dapat dipilih apabila tiket telah lunas.

Selanjutnya pilih nama penumpang yang tiketnya akan dibatalkan. Langkah selanjutnya, periksa halaman Syarat & Ketentuan, lalu centang jika setuju. Kemudian pada menu Pesan Tiket tentukan tiket dan jadwal kereta yang baru dengan mengisi asal stasiun, tujuan stasiun, tanggal keberangkatan, dan kelas kereta yang diinginkan. Lantas klik “Cari Tiket” lalu akan muncul jadwal kereta.

Tak sampai di situ, Anda juga harus mengonfirmasi pemesanan tiket yang baru. Periksa halaman Syarat & Ketentuan dan centang jika setuju. Klik “Lanjut” Akan muncul halaman konfirmasi pembayaran yang harus dibayar. Dan klik “Pembayaran” untuk memilih metode pembayaran. Jika sudah, terakhir klik “Bayar”. Otomatis akan muncul halaman yang menunjukkan bahwa pemesanan baru berhasil dilakukan. Pantau terus tiket kereta yang baru melalui menu “My Trips”.

RAUDATUL ADAWIYAH NASUTION

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.