Ciri-ciri Water Pump Mobil Rusak, Berikut Tips Memperbaikinya

Water pump merupakan komponen mobil yang terletak di dekat radiator dan berfungsi sebagai sistem pendingin mobil. Sistem ini akan mengatur kestablian suhu dan menjaga sirkulasi air radiator pada mesin agar mobil tidak mengalami overheat.

Mengingat fungsinya yang vital, water pump ini perlu diperiksa secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan pada komponen ini. Untuk mengatahui adanya kerusakan pada water pump, pemilik kendaraan bisa melihatnya dari beberapa aspek.

Berikut adalah ciri-ciri water pump mobil rusak, dikutip dari laman Auto2000 hari ini, Senin, 13 Desember 2021.

Ciri-ciri water pump mobil rusak bisa terindikasi apabila ada suara bising yang muncul dari ruang mesin. Suara bising ini timbul dari kerusakan pada tali kipas water pump (drive belt). Apabila drive belt kendur dan getas, biasanya akan muncul suara berisik dan hal tersebut menandakan drive belt harus segera diganti.

Apabila muncul tetesan air pada bagian mesin mobil, maka hal tersebut menandakan adanya kerusakan pada bagian water pump. Kebocoran water pump ini dapat terjadi karena bagian penutup atau bearing berkarat.

Kipas radiator yang tidak berhenti berputar menjadi salah satu indikasi kerusakan pada bagian water pump. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan suhu mesin mobil yang mencapai di atas 96 derajat celcius. Pasalnya kipas radiator yang terus berputar akan menghasilkan embusan angin yang panas.

Kalau tadi kipas radiator terus berputar, sekarang kipas angin tidak bisa berputar juga menjadi salah satu pertanda adanya kerusakan pada water pump. Hal ini bisa diketahui dari suhu mesin yang mencapai 100 derajat celcius, namun suhu air di radiator masih 71 derajat celcius.

Ciri terakhir adanya kerusakan pada water pump dapat dilihat dari sirkulasi air radiator yang terhambat. Air radiator yang tidak dapat bersirkulasi akan menyebabkan mobil overheat dan mengharuskan water pump segera diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.