Deretan Makanan Populer di Indonesia yang Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

Indonesia memiliki begitu banyak makanan lezat. Etnis yang kaya dan tradisi mewariskan resep khas dari generasi ke generasi dengan jumlah hidangan yang tak terbatas mulai dari yang tradisional, makanan populer hingga yang mudah dibuat.

Saat ingin mencicipi makanan khas itu, tentu saja tak melulu dengan pergi ke warung atau restoran. Membuat sendiri makanan khas Indonesia yang populer di rumah bisa memberi kenikmatan tersendiri.

Berikut 5 makanan Indonesia populer yang bisa dibuat di rumah:

Nasi Goreng

Menu masakan ini sudah dikenal banyak orang. Ini adalah hidangan Indonesia yang berasal pada budaya Cina Selatan.

Hidangan ini berawal dari kekhawatiran masyarakat tentang cara memanfaatkan sisa nasi. Saat ini, hampir setiap daerah di Indonesia memiliki resep khas Nasi Goreng, seperti nasi goreng Jawa, nasi goreng Aceh, nasi goreng Padang dan lain-lain.

Makanan ini telah diakui sebagai makanan yang populer, terbukti dari keberadaannya dimana-mana, mulai dari pinggir jalan, restoran hingga hotel mempunyai versi nasi gorengnya sendiri. Bahkan nasi goreng dapat ditemukan di hampir semua negara. Bisa dibilang hidangan ini telah menjadi menu internasional.

Rendang

Berasal dari tanah Minang di Sumatera Barat, Rendang telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia karena rasa gurihnya yang khas. Hidangan ini pada dasarnya terbuat dari potongan daging sapi yang dimasak dengan santan dan campuran rempah-rempah yang kaya.

Rendang secara tradisional disajikan oleh orang Indonesia untuk menghormati tamu pada acara-acara meriah seperti perayaan pernikahan dan Idul Fitri. Sedikit kesabaran dan ketekunan diperlukan untuk memasak hidangan ini, tetapi semua bahannya mudah ditemukan di pasar terdekat.

Bakso

Bakso biasanya disajikan dengan mie, sambal dan daun bawang. Bakso yang berarti “daging empuk” atau “daging cincang” adalah hidangan yang berasal dari masakan Cina. Seperti nasi goreng, tidak ada sejarah pasti kapan orang Indonesia mengadopsi resep sup bakso Cina ini sebagai milik mereka.

Banyak daerah di Indonesia yang memberikan sentuhan khasnya pada bakso. Misalnya Bandung membuat bakso cuanki (bakso yang terbuat dari tepung kanji) dan Malang membuat bakso bakar (bakso bakar dengan kuah). Namun, ini adalah hidangan yang sangat sederhana dan mudah dibuat yang dapat dimasak sendiri.

Martabak

Martabak adalah makanan ringan gurih yang berasal dari resep Timur Tengah dengan nama yang sama. Ini pada dasarnya adalah panekuk telur dadar pedas yang diisi dengan potongan sayuran dan daging cincang dan dapat dibeli dari hampir semua pedagang kaki lima di Indonesia ketika malam hari.

Ada juga varian lain dari martabak, yaitu martabak manis. Pada dasarnya ini adalah pancake besar yang diisi dengan topping seperti cokelat, keju dan kacang. Ini mungkin terlihat sulit, tetapi sebenarnya sangat mudah dibuat dan bahan-bahannya tersedia di banyak toko di terdekat.

Sate Ayam

Kuliner tradisional terakhir yang begitu mudah ditemukan di Indonesia adalah sate ayam. Sate ayam panggang yang disajikan dengan saus kacang.

Dipercaya bahwa kata ‘sate’ berasal dari bahasa Tamil ‘catai’ yang berarti ‘daging’, yang merupakan indikasi bahwa makanan populer ini pada awalnya dikembangkan oleh pedagang kaki lima Jawa sebagai adaptasi dari kebab India. Tak melulu harus ke tukang sate, membuat sate di rumah juga mudah saja dengan bahan yang mudah didapat.

ANDINI SABRINA | INDONESIA TRAVEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.