Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Sehat dan Bahagia pada 2022

Sepanjang dua tahun ini hidup bak rollercoaster. Orang ketakutan pada gelombang Covid-19. Bekerja dan belajar dari rumah mengubah kehidupan banyak orang secara fisik, sosial, mental, dan emosional. Banyak yang ingin meninggalkan ketakutan itu dan menyambut 2022 dengan penuh harapan hidup lebih sehat dan bahagia.

Dokter yang juga pakar kesehatan Ayurveda di India, Nitika Kohli, membagikan beberapa cara efektif untuk hidup sehat dan bahagia. Dalam unggahannya di Instagram, Kohli ada potensi untuk tahun 2022 menjadi tahun terbaik dalam hidup semua orang. “Ini semua tentang pilihan yang Anda buat dan bagaimana Anda bereaksi terhadap hal-hal yang terjadi. Jika Anda merasa seperti terjebak dalam kebiasaan, sekaranglah saatnya untuk mulai memikirkan perubahan yang dapat dilakukan tahun ini untuk meningkatkan gaya hidup Anda,” kata dia, dikutip dari Indian Express, Senin, 3 Januari 2022.

Lebih lanjut, dia menyoroti kesalahan yang dilakukan orang saat membuat resolusi Tahun Baru. “Kesalahan yang dibuat orang dengan resolusi adalah mereka melakukannya dengan pola pikir bahwa perubahan itu hanya sementara. Jika benar-benar ingin lebih bahagia atau memiliki gaya hidup yang lebih baik, perubahan yang Anda buat perlu menjadi kebiasaan. Tidak semuanya harus penyesuaian besar juga. Jika bisa melakukan perubahan gaya hidup kecil menjadi kebiasaan, Anda bisa melihat perbedaan besar.”

Inilah tips hidup lebih sehat dan bahagia di tahun baru menurut Kohli.

1. Jangan bergantung pada resolusi

Penting untuk tidak hanya bergantung pada resolusi Tahun Baru tetapi juga membuat kebiasaan sehat jangka panjang. “Lupakan resolusi Tahun Baru. Sebaliknya, bentuklah kebiasaan baik yang bertahan lama,” kata Kohli.

2. Hidup di lingkungan positif

Kohli menyarankan untuk menjauhi orang-orang beracun dari hidup dan mengelilingi diri dengan pengaruh positif.

3. Manfaatkan waktu

Langkah kecil setiap hari membuat perbedaan besar. “Manfaatkan setiap hari. Jangan duduk-duduk dan biarkan waktu berlalu begitu saja.”

4. Banyak tertawa

Tertawa adalah obat terbaik, katanya. “Belajarlah menertawakan diri sendiri daripada menganggap segala sesuatunya serius sepanjang waktu.”

5. Buat anggaran

Keterampilan manajemen yang baik sangat membantu. “Buat anggaran untuk diri sendiri dan patuhi itu. Keterampilan manajemen uang yang baik akan menyelamatkan Anda dari stres!” kata dia.

6. Positif terhadap diri sendiri

Sangat penting untuk memiliki pandangan positif terhadap diri sendiri dan kehidupan secara umum. Dia menyarankan, “Ubah self-talk negatif menjadi self-talk yang mendorong.”

7. Jauhi perfeksionime

Perfeksionisme adalah mitos dan mengejarnya dapat menguras energi dan harga diri. “Buang perfeksionisme. Sebaliknya, lakukan yang terbaik dan belajar dari kesalahan Anda,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.