Libur Natal dan Tahun Baru, Tim Khusus Basarnas Jaga Objek Wisata Yogyakarta

Empat tim khusus dari Badan SAR Nasional atau Basarnas telah dibentuk untuk turut berpatroli dan mengawasi aktivitas wisata selama momentum libur Natal dan Tahun Baru di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Untuk memberi rasa aman masyarakat saat libur Nataru ini, kami turunkan empat tim Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan Tahun baru 2022 yang bertugas mulai hari ini sampai 4 Januari 2022 mendatang,” kata Kepala Kantor Basarnas Yogyakarta Lalu Wahyu Efendi, Jumat, 17 Desember 2021.

Wahyu mengatakan total personel yang diterjunkan ada 83 orang yang bertugas selama 19 hari itu. Mereka disebar ke sejumlah titik strategis dengan fokus penanganan kecelakaan sampai tindakan preventif keamanan.

“Untuk tim pertama akan patroli ke arah perbatasan DIY- Jawa Tengah, lalu Bandara Adisutjipto juga lereng Gunung Merapi,” ujar Wahyu.

Tim kedua berpatroli dan bersiaga di kawasan wisata laut di Kabupaten Bantul, meliputi Pantai Parangtritis, Pantai Samas dan Pantai Baru. Kemudian tim ketiga berpatroli di Kabupaten Gunungkidul seperti Pantai Wediombo, Pantai Indrayanti dan Pantai Baron.

“Sedangkan tim keempat berpatroli di kawasan Kabupaten Kulon Progo, hingga ke perbatasan Purworejo termasuk kawasan pantainya seperti Pantau Glagah, Congot, hingga Trisik,” kata Wahyu.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad mengatakan bahwa kesiapan Pemda DIY untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru berpedoman pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 66 Tahun 2021 dan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 37 Tahun 2021 tentang aktivitas masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru.

“Dicabutnya PPKM Level 3 tentu saja membuat Yogyakarta menjadi destinasi yang akan dibanjiri oleh pengunjung, baik itu para pemudik maupun wisatawan yang akan menghabiskan libur Nataru,” kata Noviar.

Untuk menghindari kerumunan pengunjung di sepanjang jalan Malioboro Yogyakarta pada malam Tahun Baru, kendaraan tetap diperbolehkan melintasi Malioboro, tidak ada penutupan jalan dan akan menon-aktifkan WiFi di kawasan Malioboro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.