Semua Informasi Perjalanan dan Wisata di Jawa Barat Ada di Aplikasi SIMANIS

Masyarakat yang akan menuju wilayah Jawa Barat dapat segera mengunduh aplikasi SIMANIS (Sistem Informasi Jalan dan Wisata) untuk memudahkan perjalanan. Aplikasi tersebut disiapkan untuk menghadapi momentum libur Natal dan Tahun Baru.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Koswara menjelaskan aplikasi SIMANIS memuat beragam informasi bagi pelaku perjalanan darat selama Natal dan Tahun Baru, mulai dari lokasi wisata, kapasitas pengunjung lokasi wisata terkini, situasi lalu lintas sampai kebijakan terkait. “Aplikasi ini hasil kolaborasi Dishub Jabar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Kementerian Perhubungan, dan pengelola jalan tol. Ini menjadi panduan untuk warga pelaku perjalanan darat saat Nataru,” kata dia, Kamis, 23 Desember 2021.

Menurut Koswara, informasi dan data dalam SIMANIS rutin diperbarui dari berbagai sumber, seperti pengelola wisata, Disparbud dan Jasa Marga. Aplikasi itu juga akan memuat data jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol yang mengarah ke sejumlah daerah tujuan wisata di Jabar.

“Ada sekitar 8 exit tol yang mengarah ke wilayah Jabar. Dengan begitu, ini bisa membantu masyarakat mengambil keputusan dalam perjalanan,” kata Koswara.

Aplikasi SIMANIS sudah diujicoba pada Rabu, 22 Desember lalu untuk melihat sejauh mana beragam informasi di dalamnya dapat diakses. Link untuk mengakses aplikasi SIMANIS, yakni http://dishub.jabarprov.go.id/simanis.

Meski menyediakan aplikasi itu, Koswara mengimbau masyarakat tidak bepergian ke luar kota apabila tidak ada kepentingan mendesak. Sebab, potensi penularan Covid-19 masih ada.

Jika terdesak harus melakukan perjalanan jarak jauh, Koswara mengingatkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sekaligus menyiapkan persyaratan perjalanan, seperti bukti vaksinasi dosis lengkap dan hasil negatif tes antigen ataupun PCR. “Dan jangan lupa manfaatkan fasilitas informasi aplikasi SIMANIS yang kami sediakan sebelum melakukan perjalanan,” kata Koswara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.