Wisata Sungai di Indonesia, Memilih Naik Perahu atau Kapal

Ada banyak sungai di Indonesia yang dimanfaatkan untuk kegiatan wisata. Kegiatan berwisata di sungai ada yang menaiki kapal atau arung jeram (rafting). Aktivitas pelancong di setiap sungai berbeda, karena menyesuaikan aliran airnya.

Berikut berbagai kegiatan berwisata sungai di Indonesia:

Pengembangan pariwisata Sungai Musi, salah satunya berlayar menggunakan perahu hias. Satu perahu hias menampung maksimal 20 orang. Pelancong juga bisa menyewa kapal yang ukurannya agak besar untuk mengarungi sungai. Saat berlayar naik kapal, pelancong akan berkesempatan singgah di Pulau Kemaro untuk sejenak bersantai. Selama perjalanan, pelancong bisa memandangi suasana perkotaan dan melewati Jembatan Ampera.

Kali Mas merupakan pecahan Sungai Brantas. Aktivitas wisata menyusuri sungai cenderung masih baru. Pelancong akan menyusuri sungai menaiki perahu yang dimulai dari dermaga Taman Prestasi. Ada pilihan paket wisata jalur pendek atau panjang. Jika memilih jalur pendek, dari Taman Prestasi wisatawan akan menyusuri sungai hingga Taman Ekspresi lalu kembali lagi. Bisa juga melewati jalur Taman Prestasi, Monumen Kapal Selam, lalu kembali lagi ke dermaga saat pemberangkatan.

Durasi paket wisata susur sungai jarak pendek sekitar 15 menit. Jika memilih jarak panjang, pelancong akan menyusuri sungai melewati Taman Prestasi, Monumen Kapal Selam, Siola lalu kembali lagi. Lama waktu kurang lebih 30 menit. Saat malam pelancong akan melihat suasana pancaran cahaya lampion di sekitar sungai.

Sungai Mahakam di Kalimantan Timur panjangnya 920 kilometer. Sungai yang sangat panjang itu dimanfaatkan untuk pengembangan wisata berlayar naik kapal pesiar. Adapun salah satu kapal yang bisa digunakan wisatawan untuk menyusuri Sungai Mahakam adalah Kapal Pesut Bentong.

MAGHVIRA ARZAQ KARIMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.